Web Panel Gratis Untuk Mengelola VPS

Jika anda sudah memiliki VPS tentunya ingin segera memanfaatkan VPS tersebut untuk berbagai keperluan berikut ini adalah web panel gratis untuk mengelola VPS yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengelola VPS anda agar lebih mudah.

  • Webuzo

Control panel VPS gratis pertama yaitu Webuzo. Webuzo ini dikembangkan dari developer yang sama dari aplikasi install CMS otomastis Softaculous yang biasa ada pada panel hosting. Webuzo memiliki 2 lisensi gratis dan berbayar, tetapi untuk Anda yang tidak terlalu membutuhka banyak fitur, menggunakan control panel gratis saya rasa sudah cukup.

  • VestaCP

VestaCP mendukung berbagai versi dari sistem operasi Linux dengan web server yang tersedia Nginx dan Apache. Selain itu VestaCP sudah include dengan aplikasi Softaculous yang didalamnya sudah tersedia ratusan apps dan CMS yang siap untuk diinstall. Tetapi untuk bisa menggunakan VestaCP ini spesifikasi minimalnya menggunakan RAM 512MB dan ruang penyimpanan minimal 20GB.

  • ISPConfig

ISPConfig adalah salah satu control panel vps gratis terbaik yang dikembangkan oleh SPConfig UG dengan menggunakan lisensi BSD. Panel ISPConfig ini memiliki interface web-based yang memudahkan Anda dalam pengelolaan VPS. ISPConfig mengklaim bahwa setiap bulannya ada 40 ribu unduhan control panel VPS gratis ini, jadi Anda bisa memperhitungkannya untuk mencoba panel ini.

  • Ajenti

Ajenti adalah salah sau control panel VPS gratisan yang berfokus pada efisiensi eksekusi program sehingga lebih cepat dalam segala hal. Control panel Ajenti ini berbasis Phyton dengan dikombinasikan menggunakan PHP. Dari segi tampilan pastinya menarik karena sudah web based dengan dukungan berbagai sistem operasi yang bisa dijalankan.

  • CentOS Web Panel

CentOS adalah panel VPS gratis selanjutnya yang berbasis open source. Panel ini mendukung sistem operasi CentOS/RHEL 6.x dan CloudLinux. Panel kontrol di CentOS ini juga terbilang modern dengan full control. Proses instalasinya juga mudah hanya memerlukan beberapa command saja.

  • Webmin

Jika Anda pernah menggunakan Virtualmin, maka Webmin ini memiliki kesamaan tetapi dalam versi web based. Panel Webmin terkenal akan fleksibilitasnya dengan mendukung sistem operasi UNIX dan update terbaru dari Webmin sudah mendukung sistem operasi windows.

  • Virtualmin

Virtualmin ini memiliki panel seperti yang ada di Webmin, control panel gratis ini sudah digunakan oleh ribuan user aktif didunia saat ini. Dalam pembuatannya, Virtualmin menggunakan bahasa pemrogaman PHP dengan mendukung OS UNIX, Linux dan BSD.

  • Kloxo-MR

Kloxo-MR merupakan control panel yang dikembangkan oleh seorang developer asal Jogyakarta bernama Mustafa Ramadhan, oleh karena itu terdapat inisial MR dibelakang nya.Kloxo-MR merupakan pengembagan dari control panel VPS Kloxo. Secara fitur, Kloxo MR ini bisa bersaing secara global dengan web panel yang sudah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »