HR Wajib Baca! Cara Mengatasi Korupsi Waktu Karyawan

Karyawan merupakan aset bagi perusahaan. Tanpa karyawan, perusahaan tentu akan susah dalam mencapai tujuannya. Adanya karyawan yang korupsi waktu dengan cara sering absen tanpa alasan tentu sangat meresahkan dan merepotkan. Bagaimanakah cara mengatasinya? Yuk simak ulasan berikut ini.

1.    Tanyakan Langsung

Anda dapat bertanya langsung alasan tidak hadir dan tidak berinisiatif memberikan kabar kepada HRD melalui telepon atau chat. Jika tidak ada respon dan masih tidak hadir keesokan harinya, cobalah untuk mengkomunikasikan hal ini dengan atasan. Namun, jika karyawan tersebut sudah hadir kembali pada jam kerja, panggil ke dalam ruangan untuk membicarakan masalah tersebut.

2.    Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Cobalah untuk membicarakan dan menanyakan secara langsung mengapa tidak hadir tanpa alasan yang jelas dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Jangan pernah membentak karyawan, ciptakan situasi nyaman namun tetap tegas agar ia mau terbuka. Setelah alasan didapatkan, identifikasi jawaban tersebut.

Cobalah untuk tetap tenang mendengarkan keluhan dari karyawan dan berikan saran yang sesuai dengan tetap menekankan Anda sebagai HR memahami permasalahan tersebut, namun karyawan tersebut juga harus tetap profesional dalam bekerja.

3.    Ciptakan Budaya Disiplin

Jika tindakan absen tersebut dilakukan berulangkali atau berpola setiap waktu, panggil lagi karyawan tersebut. Tanyakan apakah ia masih menghadapi kendala yang sama atau mengalami permasalahan yang baru. Minta karyawan terkait menjelaskan apa yang ia butuhkan. Bila ia memberikan jawaban yang bertele-tele dan tidak masuk akal, tegaskan bahwa ia berada dalam pengawasan HRD.

Konsultasikan juga masalah ini dengan atasan langsung karyawan tersebut karena mereka yang berhak memberikan Surat Peringatan atau sanksi lainnya. Apabila perilaku karyawan sudah berubah dan tidak lagi absen, berikan reward berupa pujian atau dengan memberikan fasilitas kerja yang sebelumnya dicabut (jika memang ada fasilitas yang sempat dicabut sebagai sanksi).

Anda dapat melihat apakah suasana kerja di kantor Anda terlalu penuh tekanan. Hal ini karena banyak karyawan yang tidak masuk hanya karena merasa terlalu stres dengan urusan kantor. Tekanan pekerjaan menjadi salah satu penyebab stres terbesar yang dialami oleh orang dewasa. Bila hal ini terjadi pada perusahaan Anda, bisa jadi banyak karyawan merasa tidak betah, banyak mengajukan cuti atau izin bahkan mempertimbangkan untuk resign.

4. Ciptakan Lingkungan Kerja Nyaman

Untuk mengatasi ketidaknyamanan karyawan dalam bekerja, Anda dapat mengurangi atau menghilangkan tekanan di kantor. Ciptakanlah sebuah lingkungan yang nyaman bagi para karyawan.

Cobalah memberikan fasilitas kesehatan kepada para pekerja. Fasilitas ini dapat berupa program kesehatan atau peralatan olahraga. Dengan begitu perusahaan dapat menciptakan budaya yang mendukung hidup sehat. Berdasarkan survei, karyawan yang menerima fasilitas kesehatan terbukti lebih produktif daripada mereka yang tidak menerima fasilitas yang sama.

Itulah beberapa cara mengatasi korupsi waktu karyawan. Cobalah meningkatkan kedisiplinan karyawan dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan milik LinovHR

Dengan Software Absensi LinovHR akan dapat membantu perusahaan Anda dalam menegakkan disiplin waktu di perusahaan Anda.

Dengan menggunakan Software Absensi karyawan dari LinovHR, anda dapat memonitoring dengan baik kehadiran karyawan dengan baik, Hal ini karena Fitur Aplikasi Absensi LinovHR yang sangat kaya seperti : time group,calendar, Schedule Exception, leaves, Permit Request, Leave Request, Overtime Request, Timesheet, Time Definition. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Aplikasi Absensi LinovHR anda dapat menghubungi Tim Sales LinovHR via +62 21 2854 2835 untuk trial dan uji coba LinovHR gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ยป