Membuat Sendiri POE (Power Over Ethernet)

Membuat Sendiri POE (Power Over Ethernet) tanpa POE ketika kita ingin meletakan Access Point atau Router pada posisi yang tinggi selain kabel LAN, kita juga membutuhkan power cord untuk power adaptor yang akan digunakan sebagai sumber tegangan untuk Access Point tersebut. Tentunya akan sangat tidak effektif dilihat dari segi banyaknya kabel dan kerapihan. Dengan konsep POE ini, kita bisa memanfaatkan pair kabel LAN 4,5 dan 7,8 yang tidak digunakan dalam komunikasi data, pair kabel ini bisa kita alirkan arus listrik sebagai sumber tegangan untuk menghidupkan Alat (Router/Access Point) itulah kenapa konsep ini dinamai dengan POE (Power Over Ethernet).

Perangkat router dan Wireless Acces Point terbaru sudah dilengkapi / support POE, baik yang sudah include POE adaptor/splitter atau tanpa POE adaptor. Kita bisa melihat spesifikasi perangkat tersebut apakah sudah support atau tidak. Jika sudah support POE maka, pada tulisan ini kita tinggal memodifikasi pin kabel LAN 4,5(+) dan 7,8(-)

Membuat POE Sendiri
Konfigurasi POE seperti gambar, digunakan untuk device router / wireless accesspoint yang tidak support POE. Jika perangkat sudah support POE input, salah satu ujung kabel LAN tidak perlu dilakukan perubahan, semua kabel terkoneksi dengan ke delapan pin RJ45 konektor.

Untuk lebih jelasnya bisa cek di video tutorial berikut ini



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ยป