Membuat Charger AKI Motor dan Mobil

Seiring dengan usia pemakaian dan faktor supplay arus ke Aki yang sudah menurun, tentu pernah kita alami terutama untuk Motor yang bisa dibilang bukan baru lagi. Perawatan berkala tentunya perlu juga kita lakukan terutama untuk AKI yang bukan Maintenance free atau biasa kita sebut aki basah ๐Ÿ™‚ Pengecekan bisa dilakukan dengan melihat indikator yang sudah disediakan (AKI Mobil) yang akan menunjukan warna hijau untuk AKI yang Normal, jika warna indikator berubah perlu di cek air accu apakah sudah sesuai dengan level  yang dibutuhkan, jika kurang maka perlu ditambahkan.

Ketika Accu (AKI) sudah terlanjur drop tegangan nya, tentunya kita memerlukan charger agar AKI bisa digunakan kembali. Cek untuk harga Charger AKI yang ada dipasarn kisaran harganya ada di 300rb an. Tentunya bukan masalah bagi anda  yang berkantong tebal, jangankan beli charger AKI, kalau perlu, ganti Mobil/Motor tiap kali Accu nya drop.hehehe.. Namun, jika kita mau sedikit berkreasi, kita bisa memanfaatkan charger laptop, Switching power supplay, travo radio,Power Supply Komputer atau peralatan adaptor lain yang memiliki voltasi kisaran 13,8-18 atau bahkan 24volt pun bisa digunakan.

Pada contoh kali ini, saya menggunakan switching power supply (Power Supply Jaring) dengan kisaran harga 70-90rb 12V 20A. Yang perlu jadi catatan adalah Power Supply ini tidak murni 20A kenapa? biasanya effisiensi terbaik dari harga ini paling bagus hanya 10A atau mungkin hanya 5A. Lalu apa pengaruh kuat arus ini? kuat arus ini mempengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan agar proses pengisian Aki optimal. Untuk Accu 50A 12V saya membutuhkan kurang lebih 3-5Jam agar aki kembali bisa menghidupkan Starter Mobil.

Untuk lebih jelas, bagaimana cara merangkai Power Supply Jaring ini menjadi Charger Mobil/Motor.

Simak Video Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ยป