Memperbaiki Power Supply Komputer, Mati Total

Menjadi seorang it support sering menjumpai berbagai problem hardware komputer, salah satunya adalah PSU (Power Supply Unit) yang mati. Memperbaiki Power Supply Komputer, Mati Total hampir tidak pernah dilakukan sendiri, kebanyakan tinggal request PSU pengganti yang baru. Hal itu tentunya sah-sah saja, tapi bagi kita yang penasaran dan ingin mencoba bagaimana PSU rusak ini bisa kita perbaiki. Tentunya tulisan ini akan sedikit banyak memberikan gambaran kepada kita semua mengenai teknik dasar pengecekan PSU rusak dan Perbaikannya.

Secara umum, jenis kerusakan yang sering terjadi pada power supply adalah sbb:

  1. Power Supply kadang mampu On dan kadang tidak bisa On.
  2. Tegangan tidak stabil
  3. Mati Total

Pada kerusakan nomer 2 biasanya akan mengakibatkan komputer sering hang atau restart sendiri atau mati mendadak. Sedangkan untuk point no 3 pastinya power supply tidak mampu menyalakan komputer.

Pada kerusakan power supply (Mati total) biasanya disebabkan karena beberapa hal antara lain:

  • Rangkaian +5V st-by tidak berfungsi
  • Transistor Output Power rusak
  • Dioda CT ada yang rusak

Memperbaiki Power Supply Komputer, Mati Total

Tidak berfungsinya rangkaian +5V st-by dapat di-check dengan mengukur tegangan di kabel ungu.Lihat juga , apakah tegangan 300V terukur ada?
Jika tegangan 300V ternyata ada sedangkan tegangan +5V st-by (di kabel ungu) tidak ada, paling sering disebabkan oleh resistor tegangan bias bagi basis (atau gate jika yang digunakan jenis FET) transistor power st-by putus.
Umumnya, resistor ini adalah resistor dengan nilai Ohm paling besar di sirkit power st-by. Jika yang digunakan adalah transistor bi-polar, resistor ini bernilai antara 560k…1M. Jika yang digunakan adalah transistor MOSFET (2N60 atau 2N65 atau yang lainnya) resistor ini biasanya 2x 1M.

Selanjutnya periksa semua dioda CT, yaitu dioda-dioda penyearah untuk tegangan keluaran. Setiap dioda ini mempunyai tiga kaki dan semuanya menempel di satu heatsing (pada contoh psu simbada 380w)
Jika ada yang short, ganti dengan yang sama atau yang ekuivalen (persamaannya). Periksa juga kolektor-emitor transistor power stand-by. Jika telah short ganti transistor dengan yang sama atau yang ekuivalen.

Berikut adalah salah satu contoh cara memperbaiki psu yang rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ยป