Syi’ir Tanpo Waton al-Magfurlah KH Abdurrahman Wachid (Gus Dur)

Syi'ir Tanpo Waton al-magfurlah KH Abdurrahman Wachid (Gus Dur)Syi’ir Tanpo Waton al-magfurlah KH Abdurrahman Wachid(Gus Dur).  Berikut adalah lirik syi’ir tanpo waton dengan terjemahan bebas ke dalam bahasa Indonesia. Tentunya makna dari terjemahan akan sedikit berbeda karena perbendaharaan bahasa jawa yang cukup kompleks untuk diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Ya rasulalla salamun alaik.ya rafi asyani waddaraji. (Wahai Utusan Allah, Semoga keselamatan tetap padamu. Wahai yang berbudi luhur dan bermartabat tinggi).

Atwatayyaji ratalalami.ya uhai laljuu diwal karami 2x. (Rasa kasihmu wahai pemimpin tetangga. Wahai ahli dermawan dan pemurah hati).

Ngawiti ingsun nglaras syi’iran.kelawan muji maring pengeran (Aku memulai melantunkan syai’ir, Dengan Memuji kepada Allah)

Kang paring rohmat lan kenikmatan.rino wengine tanpa pidungan 2x (Yang memberikan Rahmat dan Kenikmatan. Siang dan malam tanpa perhitungan)

Duh bolo  konco priyo wanito.ojo mung ngaji syareat bloko. (Wahai sahabat pria dan wanita. Jangan mengaji hukum dasarnya saja.)

Gur pinter dongeng nulis lan moco.tembe burine bakal sangsoro 2xHanya akan pandai bercerita, menulis dan membaca. Yang pada akhirnyaakan mendapat (“kesulitan”))

Akeh kang apal quran hadise.seneng ngafirke marang liyane. ( Banyak orang yang hafal Al Qur’an dan Hadits. Tapi kenapa masih suka mengkafirkan orang lain)

Kafire dewe dak digatekke.yen isih kotor ati akale 2x. ( Sedangkan kekafiran dalam dirinya sendiri diabaikan. Itulah jika hati dan akalnya masih kotor.)

Gampang kabujuk nafsu angkoro.ing pepahese gebyare dunyo. (Mudah terbujuk nafsu angkara, Oleh hiasan gemerlapnya dunia.)

Iri lan meri sugihe tonggo.mulo atine peteng lan nisto 2x. ( Iri dan dengki atas kekayaan orang lain. Maka dari itu hatinya selalu di penuhi kegelapan dan kenistaan)

Ayo sedulur jo ngelaleake.wajibe ngaji sak pranatane. ( Mari saudara jangan sampai melupakan, Kewajiban untuk mengaji sekaligus aturan didalamnya.)

Nggo ngandelake iman tauhide.baguse sangu mulyo matine 2x. ( Semua itu untuk mempertebal iman ketauhidan, Karena itulah sebagus-bagusnya bekal mati yang penuh dengan kemuliaan)

Kang aran sholeh baguse atine.kerono mapan sari ngelmune. ( Yang disebut sholeh itu baik hatinya. Karena sudah baik pula tingkat keilmuannya.)

Laku thoriqah lan makrifate.ugo hakekat manjing rasane 2x. (Dan ketika menjalankan tarekat dan ma’rifat. Maka hakikat akan bersemayam juga didalam dirinya.)

Al quran qadim wahyu minulyo.tanpa dinulis iso diwoco. ( Al Qur’an Qodim Wahyu yang mulia. Tanpa tertulispun bisa dibaca.)

Iku wejangan guru waskito.den tancepake ing jero dodo 2x. ( Itulah petuah dari Guru yang bijak. Dan selalu ditekankan ke dalam sanubari.)

Kumantil ati lan pikiran.mrasuk ing badan kabeh jeroan. ( Melekat dihati dan pikiran, Merasuk kedalam seluruh badan dan jiwa)

Mukjizat rosul dadi pedoman.minongko dalan manjinge iman 2x. ( Mu’Jizat Rasul sebagai pedoman, Juga sebagai sarana menempuh keimanan.)

Kelawan Allah kang moho suci. kudu rangkulan rino lan wengi. (Kepda Allah Yang Maha Suci. Harus mendekatkan diri siang dan malam)

Ditirakati diriyadhahi. dzikir lan suluk jo nganti lali 2x. ( Harus di usahakan dan dilatih dengan sungguh-sungguh. Dzikir dan suluk jangan sampai dilupakan.)

Uripe ayem, rumongso aman.dununge roso tondo yen iman. ( Hidupnya tenteram merasa aman, Itulah tanda dirinya diliputi oleh Iman.)

Sabar narimo najan paspasan. kabeh tinakdir saking pengeran 2x. ( Sabar menjalani kehidupan meskipun pas-pasan. Karena semua sudah ditakdirkan oleh Allah.)

Kelawan konco dulur lan tonggo. kang podho rukun ojo nesio. ( Terhadap teman, saudara dan tetangga. Hiduplah rukun jangan suka bertengkar.)

Iku sunahe rasul kang mulya. nabi Muhammad panutan kito 2x. (Karena itu adalah Sunnah Rosul yang mulia. Nabi Muhammad tauladan kita.)

Ayo nglakoni sekabehane.Allah kang bakal ngangkat drajate. ( Mari kita melakukan itu semua. Maka Allah akan mengangkat derajat kita.)

Senajan asor toto dhohire. ananging mulya maqom drajate 2x. ( Walaupun rendah derajat secara lahiriah dimata manusia. Namun mulia kedudukan derajatnya di sisi Allah.)

Lamun palastro ing pungkasane. Ora kesasar roh lan sukmane. ( Dan Ketika ajal telah datang diakhir hayat nanti, Roh dan Sukma akan tetap terjaga agar tidak tersesat.)

Den gadang Alloh swargo manggone. Utuh mayite ugo ulese 2x. ( Karena sudah dijanjikan oleh Allah surga sebagai tempatnya. Dan jasad akan tetap utuh begitu juga dengan kain kafan nya.)

Ya rasulalla salamun alaik. ya rafi asyani waddaraji. ( Wahai utusan Allah, semoga keselamatan tetap padamu. Wahai yang berbudi luhur dan bermartabat tinggi.) 

Atwatayyaji ratalalami. ya uhai laljuu diwal karami (Rasa kasihmu wahai pemimpin tetangga. Wahai ahli dermawan dan pemurah hati.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »