Cara Menonaktifkan BPJS PBI JAMKESMAS JAMKESDA

Pemerintah telah mewajibkan kepada setiap perusahaan (Pemberi Kerja) untuk mendaftarkan seluruh karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan sesuai dengan UU No.24 Tahun 2011 Pasal 15 ayat(2). Demikian juga tempat saya bekerja sudah menerapkan hal ini, tetapi ketika karyawan lain sudah menerima Kartu BPJS nya, saya masih belum mendapatkan kartu tersebut, dengan alasan pendaftaran ke BPJS perusahaan tidak bisa proses karena telah terdaftar sebagai peserta BPJS PBI. Cara Menonaktifkan BPJS PBI JAMKESMAS JAMKESDA.Setelah saya telepon ke kantor BPJS ternyata memang benar saya dan keluarga sudah terdaftar sebagai peserta BPJS bantuan dari pemerintah PBI (APBD) Cilacap. Yes, hal ini masuk akal karena sebelumnya KTP saya dari Kabupaten Cilacap, Sebetulnya tidak akan jadi masalah jika saat ini saya masih berdomisili di Cilacap. Untuk melanjutkan proses pendaftaran ke BPJS Non PBI, hal yang harus di lakukan adalah menonaktifkan BPJS PBI yang saat ini masih aktif.

Cara Menonaktifkan BPJS PBI JAMKESMAS JAMKESDA
BPJS Kesehatan

Cara Menonaktifkan BPJS PBI JAMKESMAS JAMKESDA

Cara Menonaktifkan BPJS PBI (APBD) JAMKESDA :

  • Datang ke kantor dinas Kesehatan Daerah (tempat kita terdaftar JAMKESDA) dan mengajukan permohonan menonaktifkan kepesertaan JAMKESDA.
  • Dinas Kesehatan (Daerah) akan memproses permohonan kita, setelah mendapatkan pengganti,(orang lain yang akan didaftarkan ke JAMKESDA untuk menggantikan kita dan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan dinonaktifkan)
  • Setelah ada pengganti, Dinas Kesehatan akan menyerahkan data ke BPJS Kesehatan.
  • BPJS Kesehatan menonaktifkan kepesertaan kita setelah menerima rekomendasi dari Dinas Kesehatan setempat.

Berapa lama proses yang diperlukan? tergantung dari seberapa cepat Dinas Kesehatan setempat memproses dan tergantung dari ketersediaan pengganti yang akan menerima bantuan BPJS (JAMKESDA) untuk mengganti posisi kita yang akan nonaktif.

Cara Menonaktifkan BPJS PBI(APBN) JAMKESMAS:

  • Datang ke Dinas Sosial terdekat, dan mengajukan permohonan menonaktifkan kepesertaan JAMKESMAS.
  • Dinas Sosial akan memverifikasi dan mengirimkan rekomendasi ke BPJS Kesehatan.
  • BPJS Kesehatan akan melakukan pembaharuan data, ( Setiap 6 bulan sekali)

Setelah kita sudah nonaktif dari kepesertaan JAMKESMAS atau JAMKESDA, selanjutnya proses pendafaran BPJS Mandiri bisa dilakukan di kantor BPJS terdekat atau bisa melalui Registrasi BPJS Online https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »

Welcome to ragilt.net!

If you like this site please help and make click on any of these buttons!