Cara Install Paket PHP MySQL Perl dengan XAMPP

Cara Install Paket PHP MySQL Perl dengan XAMPP
xampp-logo

Pada tulisan berkenalan dengan PHP kita telah mengetahui sejarah perkembangan PHP dari awal berdiri sampai rilis versi terbaru beserta keunggulan PHP dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Cara Install Paket PHP MySQL Perl dengan XAMPP.Agar kita bisa memulai belajar dan menjalankan script PHP, diperlukan webserver yang sudah terintegrasi dengan paket PHP didalamnya, instalasi bisa dilakukan dengan step yang cukup panjang dan terbilang melelahkan  Install PHP, terutama bagi pemula seperti saya. Beruntung sudah ada paket installer yang sudah mencakup Webserver,PHP,MySQL Database, dan Perl (XAMPP) dalam single installer, tanpa perlu lagi install paket terpisah.

Cara Install XAMPP di Windows

Berikut ini adalah langkah-langkah install XAMPP di windows, sampai dengan tulisan ini di buat, versi xampp 5.6.30 (PHP 5.6.30) dengan database menggunakan MariaDB.

Download Installer XAMPP https://www.apachefriends.org/download.html

Jalankan file installer yang sudah anda download

Cara Install XAMPP di Windows
Cara Install XAMPP Question

Jika muncul notifikasi seperti diatas, klik yes. Hal ini berisi notifikasi adanya antivirus yang sedang running di komputer kita. Lanjutkan dengan memilih Next

Cara Install XAMPP di Windows
XAMPP Setup

Selanjutnya kita akan dihadapkan dengan menu pemilihan component yang akan diinstall, kita bisa langsung melanjutkan dengan memilih next, atau ingin menghilangkan component yang tidak ingin di install dengan menghilangkan tanda centang.

XAMPP Install - Select Components
XAMPP Install – Select Components

Langkah selanjutnya adalah menentukan folder installasi XAMPP, secara default akan di install di C:\xampp. Kita bisa melakukan perubahan dengan mengganti ke drive/folder lain. Pada tulisan ini, saya tetap menggunakan folder default C:\xampp.

XAMPP Installation Folder
XAMPP Installation Folder

Proses selanjutnya adalah notifikasi setup dan link mengenai xampp bitnami dan hilangkan centang learn about Bitnami for XAMPP dan klik  next

Bitnami for XAMPP
Bitnami for XAMPP

Berikutnya adalah konfirmasi bahwa proses installasi akan segera dimulai, pilih next

XAMPP Ready to Install
XAMPP Ready to Install

Proses installasi sedang berjalan

XAMPP Install Progress
XAMPP Install Progress

Setelah proses installasi selesai akan muncul konfirmasi untuk menjalankan Control Panel XAMPP. Kita bisa langsung klik finish. Untuk mulai menjalankan XAMPP.

Completing XAMPP Setup Wizard
Completing XAMPP Setup Wizard

Setelah proses installasi selesai, kita akan dihadapkan dengan jendela XAMPP control Panel, untuk memulai menjalankan PHP, pada module apache pilih action – Start.

XAMPP Control Panel
XAMPP Control Panel

Untuk melakukan test apakah webserver apache sudah running, buka browser dan arahkan ke url http://localhost jika sudah running, maka kita akan di redirect ke localhost/dashboard .

XAMPP Dashboard
XAMPP Dashboard

Selamat, proses installasi XAMPP berhasil, untuk memulai menjalankan script PHP, secara default document root terdapat di C:\xampp\htdocs semua file atau folder yang ada di folder tersebut merupakan tempat untuk menyimpan script PHP. Sebagai contoh:

ketika kita membuat file php dengan nama info.php di folder C:\xampp\htdocs untuk menjalankan di browser dengan mengakses http://localhost/info.php

One thought on “Cara Install Paket PHP MySQL Perl dengan XAMPP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »

Welcome to ragilt.net!

If you like this site please help and make click on any of these buttons!