Aturan Penulisan Kode PHP

Tutorial Belajar PHP Dasar Untuk Pemula
PHP Logo

Untuk memulai belajar PHP, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa terdapat Aturan Penulisan Kode PHP agar script yang kita tulis bisa dijalankan dengan baik oleh webserver. Berbeda dengan HTML yang bisa langsung dijalankan di browser, script PHP harus dijalankan di server(webserver) yang kemudian akan mengirimkan hasilnya ke browser berupa HTML.  Tulisan mengenai cara install webserver di windows dan linux ada di bagian sebelumnya.

Aturan Penulisan Kode PHP

Basic Syntax PHP

Dalam sebuah file php, script php bisa diletakkan dimana saja, dengan aturan penulisan dimulai dengan <?php dan di akhiri dengan ?>

Pada umumnya, file php bisa terdiri dari tag HTML dan PHP, sedangkan extensi file yang php gunakan adalah .php Jika kita akan membuat file php dengan text editor jangan lupa save as file .php agar kode yang kita tulis bisa proses. Berikut adalah contoh membuat file php untuk menulis “hello world” , dengan menggunakan fungsi “echo” kita bisa memerintahkan browser untuk membuat/menghasilkan output yang akan kita tulis.

Buka text editor kesayangan anda, tuliskan kode berikut

Simpan menjadi file hello.php dan letakkan di c:\xampp\htdocs kemudian buka browser http://localhost/hello.php. Semua perintah php selalu diakhiri dengan tanda semicolon (;)

Aturan Penulisan Kode PHP
Hello World

Penulisan Komentar di PHP

Komentar diperlukan ketika kita berhubungan dengan kode yang sudah cukup banyak, dan pemberian komentar diperlukan untuk mempermudah memberikan penjelasan ataupun sekedar catatan buat programmer mengenai module yang dibuat. Untuk menyisipkan komentar dalam file PHP terdapat beberapa cara  sbb:

PHP Case Sensitivity (Perbedaan Huruf Besar dan Kecil)

PHP tidak membedakan huruf besar dan kecil (case sensitive) untuk penamaan class, function dan semua keyword (if,else,while,echo dll) sebagai contoh kode berikut akan menghasilkan output yang sama.

Lain halnya untuk penamaan Variable akan berlaku case sensitive ( membedakan huruf besar dan kecil) berikut contoh

Variable PHP
Variable PHP

3 thoughts on “Aturan Penulisan Kode PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »