Konfigurasi File Mirroring Menggunakan Rsync di Centos

Konfigurasi File Mirroring Menggunakan Rsync di Centos
rsync

Ketika kita menjalankan website yang crusial, penting bagi kita untuk melakukan Konfigurasi File Mirroring Menggunakan Rsync di Centos ketika server utama mengalami masalah hardware maupun network, dengan memiliki file cadangan di server terpisah akan menjadikan keuntungan dari segi network availability karena kita akan dengan mudah melakukan pemindahan ke server yang tidak bermasalah. Untuk melakukan sync dari server utama ke server cadangan, akan lebih baik jika lokasi server terpisah secara geografis,  terutama jika terjadi gangguan network masal di satu wilayah, kita tidak akan mengalami network down jika terpisah secara geografis.

Konfigurasi File Mirroring Menggunakan Rsync di Centos

Untuk memulai konfigurasi file mirroring di centos, dengan ilustrasi server A (utama) dan server B (cadangan,Mirror) dimulai dengan melakukan installasi paket rsync di kedua server.

Install Rsync

Generate SSH Key (Server B)

lanjutkan dengan menekan [enter]. Command diatas akan menghasilkan ssh key yang disimpan di /root/.ssh/id_rsa.pub copy isi dari file tersebut.

Masukan SSH public key (Server Utama)

Masukan isi file /root/.ssh/id_rsa.pub (server B) ke /root/.ssh/authorized_keys jika directory /root/.ssh belum ada, buat terlebih dahulu

simpan dengan menekan [esc]:wq

Memulai Sync

Proses mirroring dilakukan di server cadangan(B) dengan menjalankan command berikut:

Ketik yes ketika muncul konfirmasi authentifikasi. Ganti port 22 dan sesuaikan dengan ssh port yang kita gunakan. Tunggu sampai proses sync selesai dilakukan.

Otomatisasi

Agar proses sync tidak dilakukan dengan cara manual seperti diatas, kita bisa melakukan scheduling menggunakan cronjob, sebagai contoh proses sync akan dilakukan setiap 3menit. Edit /etc/crontab dan tambahkan command berikut:

Selamat mencoba 🙂  untuk backup database (replikasi ) akan dilanjutkan pada tulisan berikut nya.

 

 

Translate »