Setting Clock di Routerboard Mikrotik

Routerboard RB750/G
Routerboard RB750/G

Setelah beberapa lama tidak pernah menggunakan Mikrotik, kaget pas lihat waktu/clock di mikrotik menunjukan waktu yang tidak sesuai dengan aktual, dan tanggal pun ngaco Jan/02/1970. Hal ini terjadi setelah hard reset pada device rb750g.Sempat terpikir kalau device routerboard saya yang rusak, padahal sudah di Setting Clock di Routerboard Mikrotik dengan  masuk ke winbox System->Clock dan melakukan pengaturan jam dan tanggal dengan benar. Setalah di reboot. Settingan kembali ke pengaturan default. Jan/02/1970 🙂

Salah satu fungsi pengaturan waktu di Mikrotik adalah pada saat kita sudah berurusan dengan schedular dan pencatatan Log yang tentunya akan berbeda dengan actual saat log dibuat. Kembali ke setting Jam dan Tanggal di Mikrotik yang selalu berubah setelah restart untuk mengatasinya salah satunya adalah dengan setting NTP Client agar otomatis waktu di mikrotik menyesuaikan dengan NTP Server yang di pilih.

Setting Clock di Routerboard Mikrotik

  • Melalui winbox masuk ke menu system -> clock.
  • Sesuaikan Time Zone Name dengan Time Zone yang akan kita gunakan.
Setting Clock

Sampai di proses ini, ketika routerboard di restart maka Clock akan kembali ke pengaturan default.

Setting NTP Client Mikrotik

Fungsi NTP (Network Time Protocol) adalah protocol yang digunakan untuk singkronisasi waktu(clock) melalui network/jaringan.Ketika kita menjalan kan Mikrotik sebagai NTP Client yang artinya device akan melakukan sinkronisasi waktu ke NTP server yang dipilih berdasarkan Coordinated Universal Time (UTC).

  • Pilih System->NTP Client
  • Pilih Enabled
  • Masukan alamat NTP Server yang akan digunakan, baik NTP Server Local ataupun NTP Public (membutuhkan koneksi Internet untuk melakukan update time)
  • Sebagai contoh kita bisa gunakan ntp server 0.id.pool.ntp.org dan 1.id.pool.ntp.org 
  • Secara otomatis akan dirubah menjadi alamat ip ketika kita klik OK.
NTP Client

Sampai proses ini, time di mikrotik tidak lagi ngereset setelah di reboot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »