Cara Cek I/O Speed Performance Pada VPS

Cara Cek I/O Speed Performance Pada VPS Memiliki server yang cepat adalah impian setiap administrator Network ataupun web master, kecepatan sebuah server ditentukan oleh beberapa faktor yang saling terkait satu sama lain. Sebagai contoh ketika berhubungan dengan webserver/hosting, kecepatan Load webpage selain ditentukan oleh script yang diproses, salah satu faktor adalah spesifikasi server sendiri, Ketika kita mencari sebuah layanan VPS ataupun dedicated server salah satu yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah Disk Speed (I/O) . Pada tulisan ini kita bisa menggunakan script yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengetesan, Cara Cek I/O Speed Performance Pada VPS, seberapa cepatkah I/O Speed  Server yang kita pilih.

Dengan semakin banyaknya provider yang menawarkan VPS dengan SSD pada paket yang ditawarkan, ada baiknya kita cek seberapa cepatkah SSD yang kita dapatkan. Pada kenyataannya SSD yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibandingan dengan HDD, Namun tetap ada perbedaan dari jenis SSD yang digunakan oleh VPS Provider sehingga kecepatan masing-masing SSD yang dimiliki akan berbeda-beda.

Cara Cek I/O Speed Performance Pada VPS

Gunakan command berikut pada shell / terminal VPS/Server anda:

Berikut adalah salah satu hasil dari disk speed test

1.VPS IIX  (sebut saja provider x)

Disk Speed IIX
Disk Speed IIX

2.VPS SG DO

Disk Speed SG DO Ragilt.Net
Disk Speed SG DO Ragilt.Net

3.VPS SG Vultr

Disk Speed SG Vultr
Disk Speed SG Vultr

Mungkin terlihat kurang fair jika VPS IIX dibandingkan dengan provider VPS Luar secara head to head, hal diatas hanya sebagai ilustrasi, jika kita menggunakan SSD pada Server/VPS yang kita gunakan, speed terendah yang masih dalam batas toleransi adalah 100MB/s 🙂

Bagaimana hasil I/O speed  VPS / Server anda? silakan share disini ya 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »