Comeback Nokia Ditandai dengan 3 Smartphone Anyar?

Merek ikonik Nokia sedang bersiap-siap untuk meniti kembali kejayaan mereka merajai industri seluler. Kabarnya, produsen smartphone asal Finlandia ini akan kembali memasuki pasar dengan tiga smartphone berbasis Android baru pada akhir tahun ini. Dua smartphone high-end dan satu smartphone kelas menengah akan coba mereka luncurkan akhir tahun ini. 

Nokia belum membeberkan spesifikasi tentang ketiga smartphone baru, tapi spekulasi yang muncul telah sedikit mengungkapkan beberapa detil. Dua minggu yang lalu, Nokia D1C telah terlihat di situs pengujian Geekbench. Dokumen di Geekbench telah mengungkapkan beberapa rincian tentang smartphone Nokia teersebut. Pekan lalu juga, seseorang telah menjalankan aplikasi benchmark AnTuTu di Nokia D1C yang mengungkapkan berbagai spesifikasi dan fitur D1C.

Phone Arena menyatakan bahwa Nokia D1C telah melalui langkah pengujian di Geekbench sebanyak lima kali pada tanggal 30 September. Smartphone Nokia ini mencapai skor 667 dalam pengujian single core dan angka 3229 untuk pengujian multi core. Hasil benchmark juga mengungkapkan bahwa D1C ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 430 640 octacore 1,49Ghz dengan GPU Adreno 505 dan RAM sebesar 3GB. D1C menjalankansistem android 7.0 Nougat terbaru.

Spesifikasi tersebut juga diamini oleh situs PlayfulDroid. Mereka mengungkapkan sebuah catatan dari aplikasi Antutu dimana smartphone yang diduga kuat sebagai Nokia D1C ini menggunakan chipset 64-bit Qualcomm Snapdragon 430 dengan clock 1.4GHz. GPU Adreno 505, dan RAM 3GB.

Belum ada informasi yang jelas mengenai spesifikasi lainnya, namun diperkirakan D1C akan memiliki layar full HD (1080x1920pixels), kapasitas penyimpanan 32GB, smartphone kamera belakang 13 megapixel dan kamera depan 8-megapiksel. Nokia juga memiliki bergama konektivitas Bluetooth, GPS, Wi-Fi dan 4G LTE.

2 Smartphone High End

Baru-baru ini, sebuah rumor juga mengungkapkan adanya 2 smartphone Nokia lainnya yang mengusung panel QHD resolusi tinggi. Satu smartphone berlayar 5.2 inci dan dan satu lagi berukuran layar 5,5 inci. Kedua smartphone tersebut juga dikabarkan memiliki kamera utama dengan resolusi sebesar 22,6 megapiksel dengan LED flash dan dukungan fitur rekam video 4K.
Kedua smartphone tersebut didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 820. Harga untuk kedua smartphone tersebut kemungkinan dipatok mulai 5,8 juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »