Perbedaan Hosting Unlimited dengan Limited

Saat ini hampir semua penyedia layanan webhosting memberikan layanan unlimited hosting untuk menarik customer. Hal ini bisa dibilang wajar, karena begitu pesatnya perkembangan di bisnis ini, setiap orang dengan kemampuan terbataspun bisa ikut terjun di bisnis webhosting. Perbedaan Hosting Unlimited dengan Limited.Dengan bermodalkan beberapa ratus ribu rupiah perbulan kita bisa membuat dan membuka layanan hosting untuk customer.  Dengan banyaknya competitor, semakin murahnya koneksi internet dan harga sewa server, persaingan harga hosting tidak bisa terhindari. Customer akan semakin bingung dalam memilih provider hosting mana yang akan di pilih. Belum lagi dengan adanya tawaran hosting unlimited yang akan membuat calon customer menjadi semakin bingung dan mungkin akan kecewa setelah mencermati maksud dari unlimited yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting.

Ketika kita dihadapkan dengan tawaran hosting unlimited, unlimited space, unlimited bandwidth , adalah tidak mungkin jika penyedia layanan hosting akan memberikan space dan bandwidth yang benar-benar tanpa batas, karena server yang mereka miliki sendiri pasti memiliki kapasitas yang terbatas, dan penyedia layanan hosting pun tidak akan mengambil resiko dengan memberikan semua resource yang tersedia di dalam server, karena pada dasarnya server yang dimiliki di gunakan bersama-sama (shared) .

Hosting Unlimited

Bisa di katakan tidak ada hosting unlimited hal ini bisa diketahui di Terms and Conditions dari penyedia layanan, atau bisa di tanyakan langsung melalui fasilitas customer support nya. Mungkin sebagian orang beranggapan unlimited space, berarti kita bisa menyimpan berapapun file dengan kapasitas tak terhingga, biasanya penyedia layanan akan memberikan unlimited space tetapi membatasi jumlah inode , dan membatasi jumlah proses yang boleh berjalan di dalam server.

Hosting Limited

Untuk hosting Limited, kita dengan jelas mengetahui batasan yang kita miliki, misalnya space 5GB dan Bandwidth 100GB/bulan, tidak ada batasan terselubung di layanan hosting limited, karena dengan jelas sudah disebutkan di paket-paketnya.

kesimpulannya, pilih Unlimited atau Limited? sesuaikan dengan kebutuhan saja, saya sendiri lebih suka menggunakan yang Limited, karena pada dasarnya tidak mungkin kita mendapatkan Unlimited yang benar benar Unlimited 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »