7 Tips Untuk Melindungi Server Anda

7 Tips Untuk Melindungi Server Anda

Ketika kita melakukan setting infrastructure, perhatian utama adalah bagaimana agar aplikasi segera up dan berjalan, 7 Tips Untuk melindungi Server Anda ,terkadang ketika ketika berurusan dengan server kita sering kali melupakan masalah keamanan yang secara mendasar bisa kita terapkan ketika kita membangun server online (web,database,Application) dari serangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab 🙂 hahaha. Berikut ini beberapa hal mengenai Basic Security Practice yang bisa kita terapkan ketika akan membangun sebuah aplikasi di server (Linux,Unix).

1.SSH Keys

SSH Keys adalah sepasang cryptographic keys yang bisa digunakan untuk authentifikasi SSH server sebagai alternatif password base login.Pasangan Private key dan Public key digunakan untuk authentifikasi, public key boleh dishare ke siapa saja, tetapi untuk private key bisa diartikan sebagai passwordnya (kuncinya,, tetap harus dijaga jangan sampai jatuh ketangan orang jahat 🙂 )

Berikut ini adalah contoh implementasi SSH Keys 

2.Firewalls

Firewall adalah sebuah perangkat lunak(software) atau perangkat keras (hardware) yang mengontrol layanan apa saja yang ada dijaringan. Hal ini berarti memblock atau membatasi akses port yang tersedia untuk public. misalnya untuk fungsi webserver,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »