Load Balancing Failover menggunakan Pfsense

Load balancing dan failover pada tulisan ini akan menggunakan dua buah koneksi internet dari provider yang berbeda, dimana keduanya akan saling backup jika salah satu internet down (fail over)  secara otomatis jika pfsense mendetaksi adanya kegagalan dalam mengirimkan packet icmp (ping) ke salah satu network monitor dari masing-masing ISP dan akan membagi beban akses internet dari LAN jika kedua koneksi internet sedang UP(load balance).

kebetulan akses internet di tempat saya bekerja terdapat 2 buah koneksi (Telkom Speedy dan Centrin Broadband) saya disini tidak menjelaskan mana yang lebih baik ataupun promosi ya. 🙂 . Ilustrasi nya adalah:

  • Jika kedua koneksi up, beban internet di alihkan ke dua koneksi internet (Loadbalance)
  • Jika Speedy down, otomatis koneksi internet hanya melalui Centrin.
  • Jika Centrin down,otomatis koneksi internet dialihkan ke speedy.

Pada PC yang sudah di install pfSense, diperlukan 3 buah network interface, untuk scenario diatas. Berikut adalah konfigurasi network interface yang saya gunakan.

 

1.Konfigurasi Network Interface

Konfigurasi network interface wan static ip  interface opt1 yang terhubung ke modem speedy mode bridge, pada interface ini akan menjalankan PPPOE yang nantinya akan mendapatkan ip dari speedy, jika anda pelanggan speedy corporate, biasanya akan mendapatkan static ip dari speedy dengan menggunakan username nomerspeedy@gold.telkom silakan konfirmasi ke C4 telkom.

ipv4config-opt1

Konfigurasi PPPOE Account Speedy

pppoe-configCek Status ->Interfaces

interface-status

2.Konfigurasi Monitor IP

Monitor ip digunakan untuk melakukan pengecekan status network down atau tidak. System->Routing

gatewaypilih tombol e untuk edit dan pada contoh berikut, monitor ip saya isikan dengan dns google, monitor ip ini berfungsi sebagai alternative lain, selain gateway default yang di dapatkan dari provider, jika tidak di isi, monitor ip akan otomatis berisi ip gateway dari masing masing interface.

centrin-monitorpada bagian Advanced isikan detik sebagai indikator network down , saya isi dengan 5 detik, untuk alarm nya

advance-monitor

Save dan lakukan hal yang sama untuk kedua interface.jangan lupa  apply changes untuk setiap perubahan yang di buat.

apply-change-gatewayLangkah Selanjutnya

 

Translate »