NIC Teaming Windows Server 2012

NIC Teaming merupakan feature builtin di windows server 2012 yang lebih dikenal dengan sebutan Load Balancing Fail Over (LBFO) di dunia Microsoft yang memungkinkan kita untuk menggabungkan beberapa NIC menjadi satu (team) untuk menghindari network lost, jika salah satu NIC terputus dan untuk peningkatan bandwidth. Dengan adanya penggabungan beberapa NIC ini, menjadikan bandwidth bertambah sesuai dengan speed masing-masing network card.

Feature NIC Teaming di Windows server 2012, hampir bisa di terapkan disemua network interface card tanpa perlu software tambahan atau NIC khusus yang support NIC Teaming.  dengan bertambahnya NIC bertambah pula bandwidth, menjadikan server availability semakin baik.

Setup NIC teaming di Windows Server 2012 terbilang cukup mudah, anda bisa lakukan di Server Manager-Local Server

NIC TeamingKlik NIC Teaming yang semula disabled. dan ikuti langkah demi langkah sesuai dengan kebutuhan anda, dengan menambahkan NIC yang akan di ikutkan dalam teaming. Beri nama Teaming Anda. Sebagai Contoh saya isi dengan Public Access.

Berikut capture, network properties di network and sharing center, akan terbentuk sebuah virtual network adapter yang di dalam nya terdapat protocol Microsoft Network Adapter Multiplexor Protocol. kita bisa mendefinisikan ip address TCP/IP di Virtual Network adapter ini.

Teaming NIC

Jika salah satu NIC disconnected, maka service pada ip yang di definisikan virtual LAN ini akan tetap available dengan syarat masih ada salah satu NIC yang terhubung dan berfungsi dengan baik. (Fungsi Fail over)

Load Balancing Fail Over

Translate »