Email Hosting Gratis Zoho Mail

Setelah beberapa waktu yang lalu, Gmail.com dan Live.Com menghentikan layanan email hosting gratis nya menjadi layanan berbayar, satu lagi layanan E-mail hosting gratis Zoho Mail masih bisa dijadikan pilihan. Email hosting gratis ini memiliki feature yang cukup keren, masing-masing 5GB mail storage/user untuk max 10 user dalam satu domain, online office apps dan docs desktop sync. Bagi pemilik domain dan hosting, tentunya sudah tidak asing lagi dengan email hosting, secara default baik di CPanel ataupun web hosting panel sudah include email, hal ini bukan masalah jika webspace kita besar, walaupun terkadang banyak webhosting yang memberikan iming-iming unlimited space 🙂 tetapi dengan syarat dan ketentuan berlaku. 🙂 . Intinya sih tidak ada yang benar-benar unlimited.

Pada tulisan ini, kita akan mendaftarkan email hosting Zoho dengan domain pribadi yang kita miliki, pastikan anda memiliki akses ke domain panel, atau  webhosting panel yang anda gunakan. kali ini saya menggunakan webuzo untuk hosting panel nya.

Langsung saja menuju zoho mail dan pilih Get Started dan pilih free signupprice-signuppada domain setup masukan nama domain yang akan digunakan untuk email. sebagai contoh jakartaserver.com dan pilih add domain.

domain-setupIsi detail signup dan pilih signup

signup-zoho-mailSetelah sukses pilih setup jakartaserver.com in zoho

success-zoho-signupVerify domain dengan cname method

cname methodBuka DNS Zone setting di webuzo. atau simple dns zone editor di CPanel dan tambahkan CNAME zbxxxx dengan value zmverify.zoho.com

zmverifySetelah selesai klik verify by CNAME dan setelah sukses kita diminta untuk membuat user default (Administrator)

add-userSelanjutnya adalah menambahkan account email yang akan di daftarkan, disini kita pilih skip saja.. kita bisa menambahkan account di Admin Panel nya nanti.

Proses berikutnya juga bisa kita skip, yaitu pembuatan group, bisa di atur kemudian di Admin Panel, pilih skip.

Selanjutnya adalah merubah mx record di DNS manager. buka CPanel dan MX Entry atau E-Mail- MX Entry di webuzo dan masukan value berikut:

mx-entrySelanjutnya pilih Next atau skip. sampai proses selesai

zoho-completeakses webmail di https://www.zoho.com/mail/login.html

signin

khusus untuk email yang dijadikan administrator, setelah login pilih setting->control panel untuk masuk ke admin area. di menu ini kita bisa menambahkan email baru,membuat group dll.

zoho-adminuntuk akses via mobile phone, zoho mail menyediakan protocol pop dan imap dengan SSL. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »