Install SSL Nginx Webuzo

SSL_Certificates_Powered_by_GeoTrust_0HTTPS atau HTTP over TLS saat ini menjadi salah satu pertimbangan Google dalam pemberian ranking di SEO. Dengan adanya SSL, sebuah website memiliki jalur lain selain default web port 80. Untuk mendapatkan atau Install SSL Nginx Webuzo diperlukan Certificate yang dikeluarkan oleh pihak ketiga yang diketahui keabsahannya yang disebut CA atau Certificate Authority. Atau bisa disebut provider SSL. Sebetulnya kita bisa  menggunakan private SSL yang digenerate sendiri tentunya SSL atau certificate yang kita gunakan akan memunculkan warning pada browser, kalau certificate yang kita pakai tidak berasal dari sumber yang terpercaya.

Untuk mendapatkan Certificate dari pihak ketiga kita bisa menggunakan COMODO SSL ,Geotrust SSL , Godaddy atau NameCheap dan ada beberapa site lainnya yang menyediakan SSL. Hampir dari semua CA tersebut menyediakan free trial 1 bulan untuk mencoba layanan SSL nya. Bagi anda yang mencari SSL Gratis 1 tahun bisa register di StartSSL.

Pada tulisan kali ini sebagai contoh saya menggunakan PositiveSSL dari COMODO, langkah yang diperlukan setelah memesan billing periode dan melakukan pembayaran. Langkah selanjutnya adalah  menyiapkan private key dan CSR (Certificate Signing Request) yang bisa digenerate dengan command berikut di shell Linux.

 

kemudian isi dengan detail domain yang akan kita pasang SSL

Tambahkan extra attribute jika diperlukan:

Email Address,Optional Company dan Challenge password bisa dikosongkan. Kemudian akan terbentuk file dengan nama ragilt-private.key dan ragilt.csr

Buka file ragilt.csr dan copy isi nya ke form CSR pada saat kita akan generate SSL di provider yang digunakan,sebagai contoh di COMODO Positive SSL, kemudian pilih lanjut dan akan muncul pilihan Certificate Validation, ada dua cara yang ditawarkan, dengan upload file ke Web (public_html) atau dengan email validation, saya pilih email validation. (email yang muncul antara lain adalah email yang di gunakan saat mendaftar Domain) dan pilih validate,setelah itu akan ada email yang mengantarkan kita pada web untuk validasi

ssl cert validation

domain control validation2Setelah itu kita akan dikirimkan email berisi Certificate  ragilt_net.crt dan beberapa file lainnya yang akan kita gabungkan menjadi CA Bundle.File-file tersebut adalah:

  • Root CA Certificate – AddTrustExternalCARoot.crt
  • Intermediate CA Certificate – COMODORSAAddTrustCA.crt
  • Intermediate CA Certificate – COMODORSADomainValidationSecureServerCA.crt
  • Your PositiveSSL Certificate – ragilt_net.crt (contoh)

Upload semua file ke VPS dan buat CA Bundle dengan command :

Install SSL di webuzo dengan mengisi Private key, site_name.crt (ragilt_net.crt), dan CA bundle (ssl-bundle.crt)

Webuzo Install CertPilih Install dan Cek Website dengan menggunakan protocol https

SSL on browserSeneng banget kan kalau buka https dengan green icon 🙂 untuk site yang masih memiliki mixed content seperti https://ragilt.net ini, akan muncul tanda seru di Mozilla atau warna kuning, dengan notifikasi not fully secure karena ada link yang masih menggunakan http misalnya adalah link image. Tetapi installasi SSL sudah ok pada intinya.

Agar tidak ada notifikasi apapun (https hijau) pastikan embed image,video atau file lain nya dengan https, agar tidak menimbulkan mixed passive content.  Browser Mozilla gunakan

untuk mempermudah pengecekan 🙂

One thought on “Install SSL Nginx Webuzo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »