Login VPS Menggunakan SSH Key Puttygen

ssh keyMengapa menggunakan ssh keys? ssh key terdiri dari pasangan Public Key dan Private key.Ketika server kita berada dalam jaringan internet, yang artinya bisa diakses oleh siapapun, adalah beresiko jika hanya menggunakan autentifikasi berupa password untuk mengakses sebuah server. Login VPS Menggunakan SSH Key Puttygen.Karena password bisa di tembus menggunakan Brute Force Attack . Dengan menggunakan SSH keys, Server memiliki Public Key yang hanya dapat di buka menggunakan Private key, dan hampir tidak mungkin untuk di crack.Untuk keamanan tambahan,kita bisa juga menambahkan passphrase di private key. Misalnya private key jatuh ketangan yang tidak bertanggung jawab 🙂 terlalu lebay kali ya? private key tidak serta merta bisa langsung digunakan jika tidak tau passphrase nya.

Login VPS Menggunakan SSH Key Puttygen
Putty Key Generator

Untuk membuat ssh key di windows menggunakan putty, diperlukan putty key generator atau biasa disebut Puttygen kemudian jalankan puttygen dan klik generate. (jangan lupa gerak gerakan mouse di blank area putty gen) ok sekarang kita memiliki pasangan Public dan private key. (private key jangan sampai hilang ya. kalau hilang kita tidak bisa login lagi ke server). Klik simpan public key dan simpan private key dengan nama bebas misalnya public key dan private key. key comment bisa di isi apa saja untuk mengidentifikasi key apa yang kita buat, misalnya vps serverku, pada bagian passphrase, silakan isi jika ingin muncul notifikasi password pada saat menggunakan private key.

Masukan public key ke VPS, directory ~/.ssh/authorized_keys Copy terlebih dahulu public key dari puttygen mulai dari ssh-rsa AAAAB3Nza ….

login menggunakan putty seperti biasa dengan user root

tekan i untuk masuk mode edit dan klik kanan untuk paste public key yang sebelumnya kita copy, kemudian simpan file menggunakan menekan esc : wq.

Sekarang kita coba login menggunakan ssh key di putty

masukan hostname atau ipaddress server.

hostname

 

Connection – data auto login username (isi dengan login yang diinginkan, saya pakai root)

 

connection-data-putty

 

Connection – SSH – Auth (browse ke private key yang sebelumnya sudah disimpan)

connection-ssh-auth

 

Setelah itu kita bisa langsung login atau save session agar tidak perlu setting langkah diatas setiap kali login. kemudian klik open.

ssh key putty done

 

Kita sudah berhasil login menggunakan ssh key di VPS. dengan kondisi sekarang ini, login menggunakan password juga masih bisa. Selanjutnya menonaktifkan fungsi login menggunakan password .edit /etc/ssh/sshd_config

tekan i untuk masuk mode edit dan ganti baris berikut

menjadi

simpan file dengan menekan esc : wq dan reload ssh dengan command sbb:

coba login menggunakan putty tanpa menyertakan private keys. akan muncul notifikasi error no supported authentification methods. hal ini berarti kita hanya bisa login menggunakan SSH keys jadi jangan sampai hilang ya.

putty error no supported authentification method Login VPS Menggunakan SSH Key putty Puttygen ini bisa digunakan di VPS yang sebelumnya belum menggunakan SSH Keys untuk autentifikasinya, dan tullisan ini berdasarkan test langsung di vps DigitalOcean , yang belum punya account digitalocean silakan Daftar disini untuk mendapatkan free $10 credit yang bisa digunakan untuk 2 bulan sewa vps 20GB SSD Space, 1 TB Bandwidth. Credit akan langsung didapat setelah proses pendaftaran selesai dan aktif. Panduan singkat Cara Membuat VPS di DigitalOcean.

Koreksi atau saran apabila ada kesalahan penulisan, silakan gunakan comment ya.

3 thoughts on “Login VPS Menggunakan SSH Key Puttygen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »