Cara Setting Domain ke VPS

domainSudah punya domain sendiri dan sudah memiliki VPS, lalu bagaimana cara agar domain yang terdaftar mengarah ke VPS kita? yes, setting Name Server domain panel dan arahkan ipnya ke ip VPS. Pada beberapa domain panel agak sedikit berbeda, tapi intinya adalah tentukan Nama (Name Server) dan IP yang digunakan, biasanya domain panel mengharuskan kita untuk mengisi minimal 2 Name Server. Sebagai contoh, saya menggunakan domain panel di myorderbox. Berikut cara setting domain ke VPS

Name Server

Masuk ke domain panel, pada bagian Name Server, isi dengan Name Server yang di inginkan sebagai contoh adalah ns1.ragilt.net dan ns2.ragilt.net sesuaikan dengan keinginan anda 🙂 kemudian coba di simpan. Akan muncul error NameServer bla bla bla is not valid nameserver. Hal ini terjadi karena NameServer tersebut belum terdefinisi berapa ip yang mewakilinya, lain cerita jika kita menggunakan Name Server dari Server Webhosting, kita bisa langsung isi dan simpan. Case diatas terjadi pada saat pertama kali membuat private Name Server pertama kali untuk satu domain.

child name server

Untuk mengatasinya kita perlu mendefinisikan ip untuk setiap name server di Child Name Server.Maka error is not valid nameserver sudah tidak muncul lagi, dan name server yang sudah kita definisikan bisa diakses di internet dan bisa digunakan sebagai Name Server untuk domain lain, misalnya kita punya beberapa domain yang webnya di host pada VPS yang Sama.

NS ok

Setelah sukses pointing domain ke VPS bisa dilanjutkan dengan  Install WebHost Manager KloxoMr di Centos atau menggunakan webuzo sebagai WebHost Manager, atau sebaliknya. Selamat Mencoba. yang belum memiliki VPS silakan daftar VPS DigitalOcean dan gratis $10 yang bisa digunakan untuk berlangganan gratis 2 bln 20GB SSD Space dan 1TB Bandwidth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »