Cara Install Webuzo di VPS

Banyak pilihan yang bisa kita gunakan untuk memanage VPS kita, untuk yang suka petualangan, tentunya akan melakukan installasi package demi package setting VPS, menambahkan domain secara manual di BIND setting Zona,Apache dan mysql sendiri. Untuk memudahkan kita dalam memanage VPS terdapat banyak pilihan diantaranya adalah webuzo. Panel yang satu ini mudah diinstall dan dengan pilihan auto install applikasi web milik softaculous dengan 351 installation script nya, seperti WordPress,jomla dan banyak aplikasi lainnya. Lisensi untuk VPS nya pun tergolong murah $25 setahun.

Untuk sementara mputtyari kita gunakan versi free nya saja 🙂 berikut langkah installasinya:

masuk ke vps menggunakan putty isi hostname atau ip vps dan masukan user dan password VPS anda.

Pada saat pertama kali masuk ke VPS,kita disodorkan untuk mengganti password root, silakan ganti dengan kombinasi password yang baik. karena ini adalah akses utama, sekaligus kunci dari VPS anda.

Install terlebih dahulu, aplikasi wget melalui putty dengan mengetikkan

 

Response di putty kurang lebih seperti ini:

 

Berikutnya adalah download dan install webuzo dengan perintah sbb:

 

install webuzo

setelah installasi selesai silakan buka browser http://ipvps:2004 untuk melakukan initial setup. isi dengan konfigurasi VPS anda, untuk license bisa diabaikan,primary domain bisa di isi dengan ipvps jika anda belum melakukan pointing DNS ke IP vps ini.
Setelah selesai silakan login ke http://ipvps:2002 untuk customisasi vps anda,secara default webuzo menggunakan webserver Apache, jika anda ingin menggunakan Nginx silakan install dan jadikan Nginx sebagai default web server.

initial setup webuzo

Untuk beberapa aplikasi yang menggunakan permalink,perlu sedikit tambahan konfigurasi di /usr/local/apps/nginx/etc/conf.d/common dan tambahkan di akhir baris

 

Untuk wordpress tambahkan juga .htaccess sbb:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »